Asgardia Negara Baru Yang Diincar Manusia Di Luar Angkasa – Angan -angan untuk tinggal di luar angkasa bukan lagi jadi mimpi belaka karena sekarang ini bisa diwujudkan oleh seorang ilmuwan asal Rusia, Igor Ashurbeyli. Ilmuwan tersebut menciptakan sebuah konsep tempat tinggal di luar angkasa. Tak tanggung-tanggung, ia akan membuat sebuah negara dengan nama Asgardia. Wow keren bukan.

Kedengarannya memang konsep tersebut tak realistis. Namun, Ashurbeyli membuktikan bahwa dirinya tak main-main. Pihaknya bahkan sudah membuka pendaftaran untuk calon penduduk negara Asgardia. Mereka nanti akan memiliki status dwi-kewarganegaraan. Negara Asgardia masih menjadi perhatian publik. Negara yang diklaim menjadi negara pertama yang berdiri di luar angkasa ini, masih membuka pendaftaran bagi penduduk Bumi yang ingin menjadi warga negaranya.

Meski belum berdiri, pemerintah negara tersebut sudah mengadakan proses seleksi calon penduduk. Lebih dari 280 ribu orang telah mendaftarkan diri. Ternyata antusiasme warga negara Indonesia (WNI) juga cukup besar terhadap negara di atas awan tersebut. Berdasarkan informasi resmi Asgardia hingga Jumat 28 Juli 2017, terdapat 11.690 WNI yang mendaftar menjadi Asgardian atau warga negara Asgardia. Bahkan Indonesia menduduki peringkat keempat dari 226 negara yang dengan pendaftar terbanyak. Peringkat tersebut kemungkinan bisa kembali naik.

Walau terdengar menakjubkan dan ambisius, banyak yang menyangsikan konsep negara luar angkasa Asgardia terlalu dipaksakan. Bahkan, ada yang berani menyebut Asgardia cuma sekadar konsep “mimpi belaka”. Perkumpulan astronom dari sejumlah Badan Antariksa negara-negara besar berpendapat bahwa gagasan Asgardia untuk melindungi dan melestarikan kemanusiaan memang baik. Hanya, langkah tersebut tidaklah dapat menanggulangi masalah global seperti kelebihan populasi manusia di Bumi.

Bagaimanapun, desain dan solusi teknologi yang mereka tawarkan setidaknya bisa menjadi inspirasi bagi pemerintah dan sejumlah perusahaan besar,” tulis pernyataan para astronom. Selain itu, ambisi Asgardia untuk mewujudkan koloni manusia di luar angkasa juga dinilai terlalu gegabah. Pasalnya, teknologi daya untuk mendukung kehidupan luar angkasa dengan jumlah jiwa yang banyak belum ada. Apalagi untuk Asgardia yang seakan mengajak penduduknya untuk tinggal permanen di luar angkasa.

Tak cuma dari teknologi, mereka juga membahas kendala pembangunan Asgardia dari sisi legalitas. Sejauh ini, belum ada aturan untuk membangun entitas sebuah negara di luar Bumi. Yang ada cuma Hukum Keantariksaan Internasional yang sepanjang ini cuma mengatur soal negara yang meluncurkan wahana atau objek antariksa. Nah bagaimana menurut anda ? Apakah anda tertarik juga untuk menjadi Asgardian?