Barack Obama Kunjungi Yogyakarta Dan Candi Borobudur – Setelah mengunjungi Pulau Dewata Bali kini Barack Obama yang merupakan Presiden ke-44 Amerika Serikat akan bertolak ke Yogyakarta pada 28-30 Juni. Kedatangan Obama di kota ini akan berlangsung secara tertutup dan tidak boleh diliput oleh wartawan.

Berdasarkan informasi yang didapatkan bahwa nantinya rombongan Obama akan terbang dari Bali pada pukul 12.30 Wita dan tiba di Base Ops Lanud Adisutjipto pada pukul 12.30 WIB. Rencananya, Gubernur DIY, Pangdam IV Diponegoro, Kapolda DIY, dan Danrem DIY akan menyambut mantan orang nomor satu di Amerika Serikat itu.

Menurut jadwal yang beredar, Obama akan menginap di Hotel Tentrem Yogyakarta dan mengunjungi Candi Borobudur serta Prambanan. Meskipun demikian, Humas Hotel Tentrem Nike Ariestya mengaku sampai Selasa sore kemarin belum mendapat konfirmasi perihal akomodasi Barack Obama. “Belum dapat konfirmasi apakah Obama menginap atau tidak,” ia menegaskan.

Secara terpisah, Kasubdiv Humas dan Protokol PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Candi Ratu Boko Dewi Krisnawati membenarkan adanya rencana itu. Namun, kunjungan Obama ke Candi Borobudur dan Prambanan belum ada kepastian waktu dan hari. “Kunjungan dibuat tidak menentu, akan tetapi kami siap menerima kunjungan wisatawan mancanegara,” ucap Dewi.

Candi Prambanan dan Borobudur tetap dibuka untuk umum sekalipun Obama berencana mengunjungi tempat wisata di Yogyakarta dan Jawa Tengah itu. Obama dijadwalkan berkunjung ke Yogyakarya pada 28-30 Juni. Kunjungan dalam rangka liburan ini bersifat tertutup.Kedatangan Obama masih tentatif dan seandainya berkunjung, protokol Obama meminta tertutup dari media dan hanya kunjungan biasa bukan kunjungan kenegaraan,” ujar Kasubdiv Humas dan Protokol PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Candi Ratu Boko Dewi Krisnawati.

Mengingat bukan kunjungan resmi kenegaraan, jadwal pelesir Obama ke Yogyakarta pun masih berubah-ubah. Semula ia berencana mengunjungi Candi Prambanan, Borobudur, Tebing Breksi, dan Keraton Yogyakarta. Namun kabar terakhir yang diperoleh, Obama membatalkan kunjungan ke Tebing Breksi dan Keraton Yogyakarta.