Tahukah Anda 4 Negara Besar Ini Sudah Hilang Dari Peta Dunia – Tahukah Anda bahwa nantinya ada beberapa negara yang diprediksi akan hilang dari peta dunia pada tahun 2115 nanti. Mengapa demikian? Penyebabnya beraneka ragam, mulai dari pemanasan global, hingga konflik geopolitik.

Salah satu negara yang masuk dalam prediksi adalah Kiribati yang merupakan surga bagi pecinta iklim tropis yang kaya sinar matahari. Naiknya permukaan air laut akibat pemanasan global menjadi pusat kekhawatiran. Maka dari itu untuk mencegah situasi terburuk ini, Kiribati sudah membeli tanah seluas lebih dari 5.000 hektar di Fiji yang kelak akan menjadi lokasi pengungsian mereka jika negara itu tenggelam.

Kasus negara hilang dari peta bukanlah hal baru. Kejadian ini pernah berapa kali terjadi dalam sejarah peradaban dunia. Menurut sumber yang beredar berikut inilah 4 negara yang sudah tidak ada atau terhapus selamanya dari peta dunia.

1. Vietnam Selatan

Vietnam dibagi menjadi dua bagian pada 1954. Pembagian tersebut didasari Perjanjian Jenewa setelah Sekutu berhasil mengalahkan Prancis yang kala itu menjajah Vietnam. Setelah itu, Vietnam Utara dan Selatan kemudian berperang dalam kurun waktu 1957 dan 1975. Perang ini merupakan bagian dari perang dingin antara dua kubu ideologi besar,yakni Komunis dan SEATO. Karena perang berkepanjangan, warga Vietnam Selatan dan Utara melakukan eksodus besar-besaran termasuk ke AS.

2. Jerman Timur

Sejak Perang Dunia II berakhir. Saat itu, Jerman terbagi menjadi 4 zona kekuasaan. Yakni zona milik Amerika Serikat, Inggris, Prancis dan Uni Soviet. Pada masa Perang Dingin, negara Jerman terbagi menjadi Jerman Barat dan Jerman Timur. Namun pada akhirnya, zona tersebut mengerucut menjadi 2 bagian, yakni zona barat yang dikuasai dipegang AS beserta sekutu dan zona timur yang dipegang Uni Soviet.

3. Yugoslavia

Yugoslavia pernah menjadi negara besar di dunia. Negara yang terletak di wilayah Balkan Eropa ini, berdiri dari 1918 sampai 2003. Awalnya negara tersebut berbentuk kerajaan namun akhirnya dirubah menjadi sebuah republik. Pada awal 1990-an, konflik internal terjadi di negara tersebut. Negara ini akhirnya pecah jadi enam bagian negara berdaulat yaitu, Slovenia, Kroasia, Bosnia, Serbia, Macedonia, dan Montenegro.

4. Uni Soviet

Pada 1922 sampai 1991 sejarah dunia mencatat, terdapat satu negara adidaya yang memimpin blok timur, Uni Soviet. Kekuatan Soviet dalam rentan waktu tersebut begitu menakutkan. Soviet merupakan negara terluas di dunia. Selama eksis di muka bumi, Soviet terlibat perang dingin dengan Amerika Serikat dan blok barat.

Pada akhir 1980-an sistem komunis yang dipakai Soviet, diduga menyebabkan banyak masalah perekonomian. Pada Desember 1991, sang presiden resmi meninggalkan jabatannya. Otomatis setelah itu sesaat setelah pengumuman pengunduran dirinya, negara Uni Soviet resmi dibubarkan. Uni Soviet saat ini terpecah jadi 15 negara berdaulat.