ESSEBET.com – Simak kritikan Pak Jokowi di haul Gusdur.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara peringatan ke-7 tahun wafatnya Presiden ke – 4 Indonesia Abdurrahman Wahid atau dikenal Gus Dur. Dalam kesempatan itu Jokowi diberi kesempatan untuk menyampaikan pidato.

Jokowi mengatakan, banyak ajaran Gus Dur yang selalu diingat. Salah satunya kata dia ajaran mengenai kebangsaan.

“Presiden Joko Widodo menegaskan, persatuan bangsa dalam keberagaman yang ada harus senantiasa dijaga. Perbedaan yang ada menjadi sebuah kekuatan untuk memajukan bangsa. Presiden juga kembali mengingatkan bahwa semua pihak harus tunduk pada aturan hukum yang berlaku. Presiden juga kembali mengingatkan pesan Gus Dur soal pentingnya persatuan bangsa. Saya percaya Gus Dur gemes, geregetan dengan sekelompok orang yang meremehkan kontitusi, mengabaikan konstitusi, yang memaksakan kehendak dengan aksi kekerasan, radikalisme, dan terorisme,” ujar Jokowi.

 

 

Pada kesempatan itu dia juga menkritik perkembangan di media sosial. Menurutnya, banyak pengguna media sosial tidak mengedepankan etika, namun sebaliknya banyak menggunakan kata-kata mengandung unsur kebencian, menghujat dan sebagainya.

Bisa-bisa kita lupa strategi besar Negara kita, lupa mensejahterakan rakyat, membangun ekonomi, industri, membuka lapangan pekerjaan lupa semua karena kita ribut,” ucapnya.

Agen Judi Terpercaya – Dan Presiden Joko Widodo sambil mengkritik ketiga pasangan calon gubernur DKI Jakarta, Jokowi Mengatakan¬†“Ini sekarang hadir di sini, ketiga calon, pasangan calon gubernur DKI hadir semuanya. Diabsen dulu. Katanya tadi yang di sana minta diabsen, silakan berdiri, semuanya,” kata Presiden Jokowi saat memberikan sambutan haul Abdurrahman Wahid dan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Ciganjur.

Para calon gubernur dan wakil gubernur yang hadir pada kesempatan tersebut pun berdiri dan angkat tangan. Ketiga pasangan calon hadir kecuali Sandiaga Uno yang tidak hadir pada kesempatan tersebut, seperti dilansir Antara.

Atas permintaan para undangan, Jokowi menyempatkan diri mengabsen kehadiran ketiga pasangan calon Gubernur DKI Jakarta tersebut. Cagub dan cawagub yang hadir adalah Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni, Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat, serta Anies Baswedan.

“Nah, lha mbok ya begitu yang rukun. Wong kita ini kan saudara sebangsa dan se-Tanah Air, persaudaraan yang diajarkan oleh Gus Dur, ingat enggak?” tanya Jokowi.

Warga dan undangan yang hadir menyambut ucapan Jokowi dengan antusias. Beberapa di antaranya bahkan ada yang bersorak.