Liga Champions Real Madrid Sebagai Sang Juara – Pada Liga Champions tahun ini Real Madrid menorehkan sejarah baru sebagai tim pertama yang bisa mempertahankan gelar juara Liga Champions. Los Blancos mencukur Juventus 4-1 di final Liga Champions 2016/2017. Sejak Liga Champions memasuki era modern mulai 1992/1993, belum pernah ada tim yang bisa menjadi juara dua kali beruntun. Tim terakhir yang mampu melakukannya adalah AC Milan sewaktu masih memakai format Piala Champions.

Dengan taring-taring tajam, pasukan Real Madrid kembali unjuk gigi. Di final Liga Champions, lawan Juventus, Sabtu (3/6/2017), mereka sukses empat kali membobol gawang sang lawan. Real Madrid membuktikan diri sebagai tim paling subur musim ini. Termasuk di Liga Champions, di mana mereka sudah mengoleksi 36 gol. Real Madrid memang tercatat selalu menorehkan gol dalam 60 pertandingan terakhir. Catatan gol ini bermula sejak 9 Agustus 2016 setelah Los Blancos menang 3-2 atas Sevilla, di ajang Piala Super Eropa. Total, Real Madrid menorehkan 170 gol dalam 60 pertandingan sepanjang musim ini.

Di ajang La Liga, Real Madrid juga untuk kali pertama sepanjang sejarah mampu melakukan hal ini. Apabila ditambahkan dengan catatan musim lalu, Real Madrid selalu mencetak gol dalam 65 pertandingan, melewati pencapaian Bayern Munchen (61 laga). Seperti dilansir Marca, satu-satunya pemain dalam skuat utama yang tidak menyumbang gol pada musim ini adalah Fabio Coentrao. Cristiano Ronaldo menjadi pemain yang paling sering mencatatkan nama di papan skor dengan 42 gol, diikuti Alvaro Morata (20), dan Karim Benzema (19).

Real Madrid menjadi juara Liga Champions setelah menang 4-1 atas Juventus. Gol-gol Real Madrid dicetak Cristiano Ronaldo pada menit ke-20 dan 64, Casemiro (61′), dan Asensio (90′), sedangkan torehan Juventus kreasi Mario Mandzukic (27′). Hasil ini membuat Real Madrid menorehkan rekor sebagai klub pertama yang mempertahankan gelar Liga Champions. Real Madrid juga untuk kali pertama mampu mengawinkan trofi La Liga dengan Liga Champions sejak 59 tahun silam.

Bukan hanya klub, rekor per rekor juga dicatat individu penggawa Real Madrid. Sebut saja, Ronaldo yang tampil menjadi pencetak gol terbanyak dengan 12 gol. Begitu juga dengan sang pelatih, Zinedine Zidane. Kini, pria asal Prancis itu tercatat sebagai orang pertama yang berhasil membawa tim asuhannya memenangi dua gelar Liga Champions berturut-turut sejak ajang ini menggunakan format liga.

Secara keseluruhan Madrid sudah 12 kali menjadi raja Eropa. Koleksi gelar El Real merupakan yang terbaik dalam sejarah kompetisi antar klub Eropa. Dengan demikian Madrid kebagian dua gelar juara di musim ini. Sebelumnya mereka sudah mengamankan gelar Liga Spanyol. Keberhasilan yang diraih Madrid menjadi juara membuat anak asuh Zinedine Zidane kebanjiran bonus. Marca melaporkan para pemain Madrid meminta bonus 1,5 juta euro (Rp 22,5 miliar) per pemain jika menjadi juara Liga Champions dan Liga Spanyol.

Permintaan Cristiano Ronaldo itu telah disetujui oleh Presiden klub Florentino Perez. Jumlah bonus yang di dapat pemain-pemain Real Madrid musim ini lebih besar dari musim lalu yakni sebesar 800.000 euro. Musim lalu, Perez hanya memberikan 700.000 euro per pemain saat juara Liga Champions. 100.000 euro lainnya merupakan bonus atas kemenangan pada laga El Clasico di Nou Camp.