Menguak Alasan Seseorang Nekat Melakukan Bunuh Diri РApa yang ada di benak anda ketika mendengar kabar duka orang yang meninggal karena bunuh diri. Apa alasannya mengakhiri hidupnya? Banyak sekali muncul tanda tanya ada hal apa sehingga seseorang bisa nekat bunuh diri. Sebagai seorang manusia biasa memang tidak ada yang bisa menebak isi hati dan perasaan seseorang dengan sempurna.

Bahkan orang terdekat kita pun bisa menyembunyikan sesuatu yang tak pernah kita ketahui sebelumnya. Kabar tentang sejumlah orang terkenal yang tewas bunuh diri, seperti Robin Williams, Chris Cornell, dan baru-baru ini Chester Bennington, pun jelas mengejutkan. Mungkin kita melihat mereka sebagai orang-orang yang sudah sukses dalam hidup. Tapi kita tidakpernah tahu pergulatan batin dan hal-hal yang berkecamuk di pikiran mereka sampai akhirnya memutuskan untuk bunuh diri.

Lickerman, M.D. penulis buku The Undefeated Mind: On the Science of Constructing an Indestructible Self memaparkan beberapa alasan umum dan paling sering ditemukan di balik alasan seseorang bisa nekat melakukan aksi bunuh diri.

1. Depresi
Ini alasan yang paling umum mengapa¬†seseorang nekat bunuh diri. Orang yang mengidap depresi cenderung menyembunyikan kegelisahannya sendiri. Semua kesedihan dan kekalutan dipendam sendiri. Bahkan dia sering berpikir, “Orang-orang di sekitarku akan hidup lebih baik tanpa diriku.”

2. Psikotik
Psikotik merupakan gangguan jiwa yang ditandai dengan ketidakmampuan seseorang menilai kenyataan yang terjadi, misalnya terdapat halusinasi atau memiliki perilaku yang kacau atau aneh.

3. Kepribadian Impulsif
Perilaku impulsif ini biasanya ditandai dengan perilaku yang tiba-tiba berubah dan sering melakukan sesuatu tanpa alasan yang jelas. Biasanya memiliki kaitan erat dengan konsumsi minuman keras dan obat-obatan terlarang.

4. Merasa Sendirian
Merasa kesepian dan sendiri serta tidak ada yang bisa dimintai tolong menjadi salah satu penyebab bunuh diri.

Siapa saja bisa memiliki niatan untuk bunuh diri. Bahkan orang-orang terdekat yang terlihat baik-baik saja dengan hidup yang tampak sempurna bisa saja nekat bunuh diri. Karena penderitaan dan isi hati perasaan seseorang yang sebenarnya tak pernah bisa selalu kita tebak dan ketahui. Apapun masalah yang kita hadapi saat ini, tetaplah berjuang untuk menyelesaikannya dengan baik. Kalau pun butuh bantuan, jangan ragu untuk meminta uluran tangan dari orang-orang terdekat kita.