Pengobatan Dan Pencegahan Penyakit Cacingan Pada Ayam SabungPara botoh atau para pecinta ayam sabung sangat takut jika ayam kesayangannya terkena penyakit cacingan. Sebab penyakit cacingan sangatlah menggangu bagi aktivitas sehari – hari pada ayam sabung. Penyakit cacingan akan berdapak buruk bagi ayam sabung terutama ayam sabung yang akan di persiapkan untuk mengikuti pertandingan diarena sabung ayam.

Pada kesempatan yang sangat baik ini saya selaku admin dari esseayam.com akan memberikan sebuah informasi sangat penting tentang penyakit cacingan pada ayam sabung. Pada judul artikel kali ini adalah “pengobatan dan pencegahan penyakit cacingan pada ayam sabung”. Berikut ini penjelasannya.

DJ128Cacingan pada ayam sabung adalah suatu momok yang sangat menakutkan bagi setiap botoh atau memelihara ayam sabung harian. Seperti ayam jago pada biasanya, ayam sabung ternyata bisa juga terkena penyakit cacingan sama halnya manusia. Cacingan juga dapat menjadikan ayam sabung aduan kita kurus sebab sari inti dari makanan yang di makan oleh ayam bangkok aduan kita di rebut oleh cacing – sacing yam menghinggap atau yang berada di dalam perut ayam sabung kita. Penyakit ini ternyata bisa menular ke sesama ayam sabung.

Penularan penyakit ini (cacingan) biasanya di sebabkan oleh siput, serangga ( lalat, semut, kecoa, belalang) dan juga cacing tanah. Dan ada juga ayam terjangkit karena makan dari dekat kotorannya sendiri yang mengakibatkan ayam tersebut terkena penyakit ini (cacingan). Penyebab penyakit ini biasanya dari cacing pita (cestoda),  caicing askaris (nematoda), dan cacing mata.

Cacing ini hidup dibagian usus dan mata ayam. Maka tak mengherankan bila kita bisa melihat cacing yang keluar dari mata ayam sabung yang terkena penyakit cacingan. Bila tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat, maka mata ayam bisa mengalami kerusakan. Sedangkan cacing yang diakibatkan cacing askaris dan cacing pita bisa menyebabkan radang usus.

Apa saja gejala ayam sabung yang terkena cacingan?

Ayam sabung yang terkena cacingan mempunyai gejala yang berbeda tergantung jenis cacing yang menjadi pemacunya. Cacing askaris (nematoda) yang menjadi pemacunya maka gejalanya ayam sabung mencret dan berlendir dengan warna putih. Gejalanya mirip berak putih. Sedangkan bila yang jadi pemacunya adalah cacing cestoda (cacing pita) maka gejalanya kotoran ayam sabung bercampur darah. Dan bila cacing mata yang menjadi penyebab maka gejalanya mudah dideteksi dari matanya yang bengkak, keluar nanah bahkan cacing bisa terlihat keluar dari mata ayam.

Gejala lain dari ayam sabung yang cacingan yaitu badannya kurus, lemah, pucat, sayap tampak turun dan nafsu makan berkurang. Jika diperhatikan pada kotorannya maka akan nampak telur cacing atau potongan cacing. Ayam yang terkena penyakit cacingan dapat mengakibatkan anemia (kekurangan darah).

Upaya pencegahan terhadap penyakit cacingan

ayam aduan bangkok –  Sebenarnya kita dapat mencegah ayam sabung terkena penyakit cacingan cara melakukan sanitasi kandang yang tepat, pembersihan terhadap tempat pakan dan minum. Disamping itu hewan yang menjadi perantara seperti seperti bekicot, serangga (belalang, lalat, semut, kecoa) perlu dibuang atau dibunuh agar tidak menyebarkan cacing terhadap Ayam Kampung Super. Di samping itu sekeliling kandang juga perlu dilakukan pembersihan agar tidak menjadi sarang bagi hewan yang menjadi perantara datangnya penyakit cacingan.

Pengobatan terhadap ayam yang terkena penyakit cacingan

adu ayamAyam sabung yang terkena penyakit cacingan perlu mendapat pengobatan agar tidak menular. Obat yang bisa digunakan adalah kreolin 5 %. Selain itu kita bisa mengobati dengan obat yang disesuaikan dengan pemacunya. Ayam sabung yang terkena cacingan yang disebabkan oleh cacing askaris maka perlu diobati dengan Piperazine, Phenotiazineatau Nethyridine dengan dosis 200 – 400 mg/ 100 ml air minum. Sedangkan jika cacing pita dapat diobati dengan Dichlorophane dengan dosis 300 mg/ kg.

Untuk yang menyukai pengobatan herbal dapat menggunakan jahe merah yang mengadung minyak atsiri. Caranya dengan menyediakan jahe merah sebanyak 1 kg kemudian diparut. Lalu dicampur dengan air sebanyak 1 liter. Larutan tersebut dapat dijadikan obat cacing. Untuk ayam sabung yang sudah dewasa dosis yang digunakan sebanyak 1 sendok makan.

Demikianlah pembahasan mengenai Pengobatan Dan Pencegahan Penyakit Cacingan Pada Ayam Sabung. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan pencinta sabung ayam termakasih.

WWW.ESSEAYAM.COM

PROMO
15% BONUS NEW MEMBER
5% BONUS DEPOSIT WEEKEND
15% BONUS REFERRAL
5%-10% BONUS CASHBACK
CONTACT
LIVECHAT : WWW.ESSEAYAM.COM
PIN BB : 7AD86187
WHATSAPP : +85593832587
SMS : +85593832587
LINE : ESSEBET
WECHAT : ESSEBET

Kami juga menyediakan judi online lain nya :

* POKER * TANGKASNET * 88TANGKAS * SBOBET * IBCBET * KLIK4D * JOKER *SV388 ( Tembak Ikan dan Game Slot )

SILAHKAN ISI KOLOM DAFTAR DIBAWAH INI UNTUK MENDAFTAR GAME ONLINE BETTING